- BERITA DAERAH

Lewat Public Speaking, Pemuda LDII Jakarta Utara Diajari Percaya Diri

JAKARTA UTARA (11/6). Pemuda LDII Jakarta Utara yang bernaung di bawah DPD LDII Jakarta Utara menggelar Talkshow Public Speaking “Be a Confident with Good Communication”. Acara itu mengundang Host dan Presenter kondang Ben Kasyafani serta Produser Podcast “LINES Talk” LDII TV Prima Putra di Masjid Al Akbar Tanjung Priuk, Jakarta Utara pada Minggu, (9/6).

Talk show yang dihadiri kurang lebih 395 pemuda se-Jakarta Utara itu, mengolah keterampilan komunikasi agar remaja memiliki soft skill mumpuni.

Ketua panitia acara Hilman Nur Faizi mengatakan, dengan belajar langsung dari pemateri yang expert di bidangnya, para remaja dan pemuda Jakarta Utara dapat meningkatkan keterampilan dan rasa percaya diri dengan berkomunikasi yang baik di depan umum. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat dipraktikan di kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, pemateri Ben menceritakan pengalaman dan karirnya serta memaparkan tips dan trik ketika di depan audiens. Salah satunya dengan metode mapping, yakni penguasaan diri serta mengenali lawan bicara di depan umum. Selain itu, Ben juga menekankan agar rajin banyak membaca buku untuk kebutuhan wawasan dan knowledge yang suatu waktu bisa digunakan di depan publik atau di depan lawan bicara.

“Kita juga harus mengenal dulu diri sendiri mana yang menjadi kelebihan dan kekurangan dengan memperkuat kelebihan kita dan meng-embrace kekurangan sehingga menjadi kekuatan kita,“ ujarnya.

Ben menambahkan, ia mengapresiasi antusiasme peserta. “Generus Jakarta Utara semoga membuat kegiatan semacam ini lagi, dengan bergerak terus, lancarkan budi luhur, InsyaAllah akan menjadi generus yang unggul,” pungkasnya.

Sementara itu, Prima Putra memberikan materi tentang public speaking dari sudut pandang keilmuannya. Ia menekankan bahwa salah satu soft skill yang dibutuhkan pada 2030 mendatang adalah social influence. “Social Influence adalah kemampuan berkomunikasi, menggerakkan dan mempengaruhi orang lain di depan umum,” ujarnya.

Salah satu kemampuannya adalah menguasai diri dengan baik dan berani melakukan eye contact saat berbicara dengan orang lain. Mengutip peneliti dari Universitas California, Albert Mehrabian ada 3V dalam komunikasi. V pertama adalah verbal, verbal merupakan pesan yang ingin disampaikan kepada audience, yang ternyata hanya memiliki persentase sekitar 7%.

V kedua adalah visual atau tampilan pembicara yang sering berhasil menarik orang lain dengan persentase keberhasilan sekitar 52%. Sehingga hal itu perlu jadi perhatian penampil.

V ketiga adalah vokal yang memiliki kadar keberhasilan sekitar 38 persen karena berkaitan dengan produksi tone atau volume suara pembicara. Seorang public speaker perlu menjadi story teller yang baik depan umum, memainkan intonasi, penekanan-penekanan, ritme dan olah vocal lainnya. “Ketiga teknik ini adalah kunci ketika seseorang ingin menerapkan atau memulai menjadi seorang public speaker,” pungkas Prima.

Sesi selanjutnya, para peserta diberikan kesempatan mempraktekkan langsung berbicara di depan umum. Mereka berperan sebagai MC, pendakwah, influencer, marketing, dan presentasi.

Akhir acara panitia membagikan cinderamata berupa lukisan karya salah satu pemuda LDII Jakarta Utara kepada Ben Kasyafani dan Prima Putra, serta pembagian hadiah kepada peserta yang aktif. Acara ditutup dengan foto bersama dan penutup serta do’a oleh Wanhat LDII Jakarta Utara KH. Sulistyono. *KIM

Social Media Share

About sobar lubis

Read All Posts By sobar lubis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *